Thursday, February 11, 2016

BERLIN - GERMANY 2016

Brandenburg Tor
Damn, it’s been a while I haven’t write any story in this Blog. Well, I guess it’s a good start to write again!
Kali ini gue bakalan cerita tentang liburan (weekend getaway tepatnya) ke Berlin, Germany selama 3 hari. FYI gue sekarang reside di Belgia since February 2015 so it’s easy to arrange city trip! Dan enaknya juga banyak maskapai penebangan murah meriah ke negara sekitaran.
Sebelum berangkat, gue sempatin untuk melakukan research tentang objek wisata, transportasi, dan hotel tentunya. Singkat cerita semua sudah di book and I am ready to go…
 Departure day:
Gue berangkat dari Brussels International Airport yang  bisa ditempuh selama kurang lebih 30 menit dari Leuven, kota dimana gue tinggal. I had just finished my shift at 07.30am that morning and my flight was at 13.00. Instead of taking a nap, I went to the airport immediately karena gue takut bakal ketiduran dan ketinggalan pesawat!  Gue mesti nunggu beberapa saat sebelum akhirnya check in counter dibuka! Gue terbang pake Ryan air which cost only €20 return (yes, that cheap).
 Day 1 – Arrival:
Gue arrived di Scheonefeld sekitar jam 3an trus langsung cuzz ke tiket counter dan gue beli one day pass untuk 3 hari. Just FYI, di Berlin (or maybe in Germany-I’m not really sure) sebelum naik public transportation, tiket harus di validate dulu otherwise you’ll get a fine even though you already have a ticket. Perjalanan dari airport ke Berlin city memakan waktu sekitar 30 menit. Singkat cerita gue checked in di Park Plaza which was really nice – close to the city center and only 2 minutes away from the subway. Gue ga mau tinggal di hostel because I don’t like sharing room with stranger (gaya!).
Setelah checked in, gue langsung pergi ke Alexanderplatz where the TV tower located. Took a little walk and some pictures of course trus gue merapat ke Dunkin Donuts and have a cup of coffee and one piece of choc donut (gue nongki disana karena di Belgia ga ada Dunkin Donuts which is a shame, hahaha…).

Malemnya gue ada janji bakalan ketemu the brother of my best friend (gaya kan si Martin gue anggep best friend gue) di area Kreuzberg buat dinner bareng and he is a local. It’s a bit outside of the city but rumour has it, di area ini makanan authentic Germannya endes.

German sausages

Karena gue tiba lebih awal jadi gue jalan2 bentar di sekitaran sampai akhirnya gue nemu kerumunan orang. Usut punya usut ternyata itu adalah David Bowie street dan dia pernah tinggal di Berlin selama beberapa lama pada jaman dahulu kala. Dan karena Davied Bowie meninggal beberapa minggu sebelumnya, jadi banayklah karangan bunga dan candles disana. Anyway, akhirnya gue ketemu sama Michael and we indeed had a great time. Good food with a good company is always perfect. Senengnya jadi anak gaul kaya gue jadi punya temen di berbagai penjuru dunia (bangke ya mulut gue). But seriously it’s always nice to see familiar faces in different places. Malam makin larut dan mata gue juga udah berat  so akhirnya gue balik ke hotel with loads of information about the tourist attractions di Berlin.
 Day 2 – Exploring:
Bangun pagi2 buta and I opened the window when I realized it was snowing – damn yaaasss! I like it because I can took amazing pictures (maklum kampungan ga bisa liat salju tiap hari). Setelah breakfast dan semua peralatan sudah di dalam tas (baca: kamera, map, cell phone and of course tongsis) gue langsung cabut ke Brandenburg tor. Surprisingly I was the first person there, literally no other tourists so it seemed the gate was belong to me. Alhasil jadilah gue bikin video alay kayak Syahrini. Took tons of Selfie from many angles udah kaya orang gila. Setelah capek photo2 trus gue lanjut ke Reichtag building yang terletak sekitar 10an menit jalan kaki dari Brandenburg Tor. It was a beautiful building with a huge field in front of it. Karena hari itu salju so everything was white dan muncul ide di kepala gue buat video Syahrini edisi seputih salju. I don’t know why I obsessed compete with mba Syahrini. Setelah ber video2 ria ada tamu oriental solo traveller mendekati gue dan tiba2 nanya ‘ can you take a picture of me’… Hahaha gue mau asalkan lo ambilin photo gue juga. Secara tamu Asia eimmmm doyannya photoan mulu… Setelah itu gue lanjut ke Holocaust memorial yang merupakan memorial untuk orang Yahudi yang menjadi korban holocaust pada jaman lampau. Disana banyak banget blok2 yang merupakan symbol dari pemakamannya kalo ga salah.

After that gue menyusuri jalan Berlin menuju ke tempat selanjutnya yaitu Gendanmermarkt dimana Opera House terletak. It was a beautiful building and of course I took another picture and video.

Reichstag Building

Holocaust Memorial
Tujuan berikutnya Museum Island (namanya juga museum Island, ya jelas lah banyak museum disana). The museum buildings were really great but as I’m not a museum person jadilah gue hanya mengaadikan gambarnya aja dang a masuk ke dalam. When I went to Bode museum yang letaknya agak diujung dibandingin museum lainya (so jalanan agak sepi), tiba2 gue didekati 2 orang yang wajahnya ke Maroko2an (no racism) dan memaksa gue buat tanda tangan something buat charity. Well I know this kind of scam but they insisted me dan akhirnya gue kabur secepat kilat. Secara pas New Years Eve ada korban pelecehan seksual di Koln, so gue jadi was2 kalo nanti diperkosa… (ngarep).
Capek berjalan mengelilingi pulau dan akhirnya gw lanjut and end up di Alexanderplatz lagi. Btw, karena udara dingin bingit yang mencapai -2 derajat dan gue ga pake sarung tangan karena ribet kalo photoan, dah alhasil tangan gue jadi freezing dan pas gw mau taruh tongsis di tas ga sengaja gue terlalu keras mendekin tongsisnya dan akhirnya patahlah tongsis pinjaman itu (yep, I borrowed the tongsis from Gitta). Ga mau ambil resiko karena ga bisa selfie, akhirnya gue beli tongsis baru deh!
Waktu sudah menunjukan pukul 6 sore dan waktunya buat makan malam karena gw skip lunch, dan langsunglah gue berburu makanan sampai mata gue tertuju pada KFC (sound shitty right) but whatever, alasan gue sama, karena ga ada KFC di Belgia (anyway I tried the German sausage the day before).The night still early so I decided to shop before went back to the hotel. FYI, January adalah bulan sales di Eropa, jadi kalaplah gue malam itu!

Di Museum Island

TV Tower from Alexanderplatz

Concert House

Day 3 : Check out - Exploring :
Seperti biasa pagi2 gue bangun had breakfast and checked out from the hotel. Pesawat gue nanti malem jam 7 so I still have the whole day to explore. Barang gue titipin di Reception dan langsung gue menuju East Side Gallery. Pas naek metro gue baru sadar kalo barusan gue belum validate tiket sebelum naik, tapi untungnya ga kena check gue. East side gallery adalah bekas dari Berlin Wall yang memisahkan Jerman Barat dan Timur. Sekarang dinding ini dipenuhi coretan graffiti yang indah dan mempesona. Nah disini muncul lagi ide gue buat bikin video Syahrini edisi ‘Jerman Barat dan Jerman Timur’. Bagi yang penasaran semua video telah di upload di Path gue. Hahahah
Berjalan menyusuri Berlin Wall yang sepanjang kurang lebih 2 km gue melanjutkan perjalan ke Check Point Charlie dimana jaman dulu kalo orang mau lewat harus di check dulu disini (tau ah, ngarang gue – lebih lengkap silahkan buka google). Gue sempatin ngopi di Starbucks deket sini dan pas ditanya nama gue, dengan pedenya gue menjawab ‘My name is charlie’… Alay banget kan ya!!!!
Udah capek photoan disana gw langsung cuzz ke Olympia stadium yang adalah markasnya Herta Berlin. Sebagai pencinta bola, wajiblah gue mengunjungi stadion ini walaupun hanya dari luar. Letaknya agak jauh dari city tapi karena gue masih ada waktu ya gue sempetin kesana.
Sebelum balik ke hotel gue sempet stop di Potsdamer Platz but I think nothing special there so I went back to the hotel instead.

Olympia Stadium

Berlin Wall

Checkpoint Charlie

Sekitar jam 4sore gue berangkat dari hotel menuju Airport. Dan di kereta menuju airport akhirnya ada petugas yang ngecheck tiket gue, tapi untungnya tiket gue udah di validate so everything was okay.
Anyway singkat cerita terbang baliklah gue ke Brussels menggunakan Ryan Air tercinta dan selamat sampai tujuan jam 9pm.

After all, it was a nice escape even only for 3 days!!!

Buat yang mau liat videonya, just check it out in below links